Pertajam Konsep Demokrasi, IMM Magelang gelar Rountable Discussion (RTD)

Pertajam Konsep Demokrasi, IMM Magelang gelar Rountable Discussion (RTD)

Kader IMM Magelang usai menggelar acara Rountable Discussion di Gedung FKIP UM Magelang pada, (28/1)

    Magelang – IMM Magelang mengadakan melaksanakan Rountable Discussion (RTD) di ruang B 18 Gedung FKIP UMMagelang (27-28/1). Pada kesempatan kali ini tema yang diangkat mengenai “Dilema Demokrasi: Peran Mahasiswa Muslim Dalam Membangun Demokrasi Yang Beretika”.

    Ketua PC IMM Magelang Tri Winahyu mengatakan latar belakang pengambilan tema tersebut berawal dari permasalahan tentang peran Mahasiswa Muhammadiyah dalam kancah demokrasi saat ini dirasa sangat menurun gairahnya dibanding pada era reformasi. “Pasca reformasi pengawasan Mahasiswa sebagai social control terhadap pemerintah nampaknya semakin turun. Hal tersebut yang kemudian menjadi keprihatinan dalam internal IMM Magelang sehingga rasanya perlu untuk mempertajam kembali konsep demokrasi”. Ujarnya menjelaskan.

    Tiga materi pokok yang disampaikan pada kesempatan itu antara lain: Geneologi Demokrasi yang disampaikan oleh Tri Winahyu dan Roid Usmail Ardo, Internalisasi Nilai-Nilai Islam dalam berdemokrasi oleh Monica Subastia, dan yang terakhir peran Muhammadiyah dalam Politik Kebangsaan disampaikan oleh Taufik Ardiyanto dan Taufiq Muhajirin.
    Diskusi tersebut diakhiri dengan FGD yang membahas mengenai Rekonstruksi Demokrasi Di Indonesia dan Etika Berdemokrasi. Peserta sangat antusias mengikuti forum tersebut hingga selesai bahkan sampai menghasilkan sebuah point penting dalam konteks berdemokrasi profetik di IMM, yang masih memerlukan kajian lebih lanjut untuk kemudian diimplementasikan dalam demokrasi di Indonesia.

    Di akhir sesi acara, forum yang diikuti oleh segenap PC, Korkom, dan perwakilan komisariat Se-Magelang tersebut, menyepakati bahwa konsep demokrasi yang paling tepat diterapkan di Indonesia adalah Konsep Demokrasi Pancasila dengan catatan etika yang digunakan dalam berdemokrasi adalah etika Pancasila. Artinya, sebagai warga Negara dengan dasar yang sudah jelas, kita perlu menerapkan Pancasila sebagai landasan berdemokrasi dan juga beretika. Meskipun untuk aktualisasinya masih dibutuhkan kajian lebih dalam mengenai dua hal tersebut.

    *Sumber: PC IMM Magelang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2018 DPD IMM Jawa Tengah